Menemukan File, Aplikasi, Software Tersembunyi di Smartphone Android

Trik membuka file yang disembunyikan di Hp android dengan mudah siapa saja bisa melakukanya. Ada banyak aplikasi mata-mata, dan orang dapat dengan mudah menginstalnya di ponsel pengguna lain untuk memantau mereka.

Memahami apa yang dapat dilakukan oleh layanan mata-mata ini diperlukan untuk mendeteksi spyware dan mengetahui cara menghilangkannya. Dalam posting ini, kami akan berbagi dengan Anda beberapa tips yang dapat menunjukkan bahwa ponsel Anda sedang dilacak atau dimata-matai, dan apa yang dapat dilakukan tentang hal itu.

Perilaku Telepon Aneh Yang Tidak Biasa

Menemukan File, Aplikasi, Software Tersembunyi di Smartphone Android
Menemukan File, Aplikasi, Software Tersembunyi di Smartphone Android

Salah satu cara paling umum untuk mendeteksi spyware adalah dengan memeriksa perilaku aneh atau aneh dari ponsel Anda. Jika ada spyware atau perangkat lunak pelacakan yang diinstal pada ponsel Anda , kemungkinan besar, ponsel Anda akan bertindak berbeda.

  • Amati apakah ponsel Anda menyala sendiri, mati secara otomatis atau membuat suara aneh.
  • Temukan aplikasi di ponsel Anda yang Anda tidak ingat menginstalnya. Mengklik tautan berbahaya di tempat lain, seperti email spam, bisa mengundang ini ke telepon Anda secara tidak sengaja.
  • Telepon yang di-rooting lebih rentan terhadap serangan ini dan perilaku yang tidak biasa. Ubah kata sandi Anda sesering mungkin.
  • Beberapa aplikasi jahat akan mendukung yang mungkin tampak aman (misalnya, malware Godless), dan kembali pada masa eksploitasi Jelly Bean ditemukan yang memungkinkan pemasangan aplikasi jarak jauh melalui injeksi skrip. Eksploitasi ini telah ditambal, tetapi peretas selalu mencari cara baru. Selalu berlomba untuk melihat siapa yang dapat menemukan eksploit dan mengambil keuntungan atau mengamankan pelanggaran.

“ Bisakah perilaku ini memiliki penyebab lain juga? 

Jelas, dan penyebab itu mungkin sama sekali tidak ada hubungannya dengan spyware.

Tiriskan Baterai yang Tidak Biasa

Cara lain yang bermanfaat untuk mengetahui apakah seseorang memata-matai ponsel Anda adalah peningkatan penggunaan baterai . Setelah menggunakan telepon selama beberapa minggu, kebanyakan orang menjadi terbiasa dengan pola baterai dan mengetahui masa pakai baterai rata-rata mereka. Jika ponsel Anda tiba-tiba mengalami masa pakai baterai sub-par tanpa alasan yang jelas, itu bisa berupa spyware. Aplikasi spyware dan pelacakan dapat menguras baterai ponsel Anda, terutama jika mereka terus berjalan.

Bisa juga baterai yang lebih lama, aplikasi baru yang Anda instal yang berjalan terus-menerus di latar belakang, atau baterai yang tidak berfungsi. Jika ponsel Anda memanas tanpa alasan yang dapat dilihat saat tidak digunakan, aturan yang sama berlaku. Itu bisa saja spyware, tetapi sebagian besar malware modern telah membaik di area ini, jadi pertimbangkan juga penyebab lainnya.

Kebisingan Saat Panggilan Telepon

Cari suara atau bunyi yang tidak biasa selama panggilan telepon. Jika Anda mendengar bunyi bip atau suara lainnya selama panggilan telepon, ini berarti panggilan Anda sedang direkam. Aplikasi rekaman panggilan dapat membuat suara seperti itu.

Juga, jika kualitas panggilan tiba-tiba memburuk, ini juga dapat berarti bahwa panggilan telepon Anda sedang direkam. Umpan balik atau statis bisa menjadi tanda. Namun, itu mungkin juga berarti bahwa Anda hanya memiliki koneksi yang buruk atau bahwa ponsel Anda tidak menangani panggilan dengan baik. Dunia tidak selalu merupakan tempat yang menyeramkan; tetapi bagian-bagiannya, termasuk operator dan telepon seluler, tidak kekurangan masalah .

Reboot Acak Dan Matikan

Aplikasi spyware dan pelacakan dapat menyebabkan reboot dan shutdown acak pada perangkat Android. Jika Anda yakin perangkat lunak ponsel Anda stabil dan diperbarui, maka reboot atau shutdown acak dapat berarti ponsel Anda telah menginstal perangkat lunak spyware. Aplikasi pihak ketiga yang tidak stabil mungkin juga menyebabkan hal ini.

Untuk memastikan, hapus instalasi aplikasi yang Anda pikir menyebabkan shutdown acak. Jika Anda masih mengalami reboot dan shutdown acak, maka ponsel Anda mungkin dilacak atau dimata-matai.

Cari Pesan Teks Aneh

Beberapa aplikasi spyware dapat mengirim pesan teks aneh pada ponsel dengan kode atau simbol berbeda. Jika Anda menerima teks seperti itu di ponsel pintar Android Anda, ada kemungkinan ponsel Anda dimata-matai atau dilacak.

Stagefright adalah contoh yang terlalu baru, meskipun ia menggunakan teks video untuk dieksploitasi. Untungnya itu adalah kerentanan yang diidentifikasi dan hampir seluruhnya diatasi tanpa melihat banyak digunakan oleh peretas, untungnya. Jika masih membuat Anda takut, gunakan aplikasi di bawah ini untuk memastikan Anda tidak memilikinya di ponsel Anda.

Penggunaan Data Tinggi

Ini juga merupakan faktor yang sangat berguna dalam menentukan apakah ponsel Anda memiliki spyware atau perangkat lunak pelacakan yang diinstal. Aplikasi spyware dapat menggunakan banyak data untuk mengirimkan informasi ponsel Anda dan peningkatan penggunaan data ponsel Anda juga dapat berarti bahwa ponsel Anda sedang dimata-matai. Ini juga bisa berarti Anda menghabiskan lebih banyak waktu online , jadi jangan lupa untuk mempertimbangkan semua faktor.

Pastikan Anda memantau penggunaan data ponsel Anda secara teratur untuk mencari tahu tentang penggunaan data yang luar biasa tinggi. Untuk aplikasi yang akan membantu Anda melakukan ini, coba Manajer Data Saya di bawah ini.

Terdengar Saat Ponsel Anda Tidak Digunakan

Ketika ponsel Anda dalam keadaan idle, seharusnya tidak menghasilkan suara apa pun. Jika Anda mendengar suara saat tidak menggunakan ponsel, itu bisa berarti ponsel Anda sedang dimata-matai. Jika Anda ingin menghilangkan kemungkinan spyware dan juga aplikasi jahat yang menyebabkan kebisingan, lakukan reset pabrik. Jika ponsel Anda di-root, pasang flash firmware. Dan jangan abaikan pembaruan OS. Ini akan memecahkan banyak masalah ini.

Delay In Shut Down

Coba matikan ponsel Anda beberapa kali di siang hari. Perangkat Android biasanya mati dengan cepat, tetapi jika ponsel Anda mengambil waktu lama yang tidak biasa, maka ini dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang memantau dan mengendalikan ponsel Anda. Atau bisa juga aplikasi mengunyah sumber daya, masalah perangkat keras yang sebenarnya, atau instalasi yang rusak / rusak.

Jadilah App-Smart

Berhati-hatilah dengan aplikasi bajakan. Pengiklan mengumpulkan data tentang bundel iklan / aplikasi Anda. Baca izin apa yang diminta aplikasi dari Anda, dan putuskan apakah itu sepadan. Perhatikan klon aplikasi dan situs web yang sah. Teknik baru, yang disebut smishing, menciptakan overlay di atas login perbankan sehingga dapat mencuri informasi Anda. Pastikan Anda berada di situs yang aman (alamat IP dimulai dengan HTTPS alih-alih HTTP) ketika Anda memasukkan informasi sensitif.

Aplikasi Cerdas

Aplikasi pihak ketiga bisa jadi luar biasa, tetapi mereka juga belum mengalami pengawasan yang sama seperti yang dilakukan toko aplikasi seperti Google Play atau Amazon. Dan beberapa aplikasi buruk menyelinap di situs-situs ini juga sebelum terdeteksi. Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi, singkirkan dan reboot. Jika Anda masih mengalami masalah, mulailah dengan reset pabrik .

Muncul tiba-tiba

Ironisnya, sembulan yang memperingatkan tentang malapetaka yang akan terjadi di Android Anda, dapat menginfeksi ponsel Anda dengan malware itu sendiri. Semakin Anda mengklik jendela dialog ini, semakin banyak kemungkinan Anda akan diarahkan ke tempat yang teduh atau mengklik sesuatu yang menipu. Jangan pernah menjalankan file .exe atau flash yang Anda tidak yakin. Banyak iklan popup bukan malware, tetapi kadang-kadang ada garis tipis antara iklan dan malware, karenanya istilah – adware dan maliklan.

Jika sebuah popup menyatakan bahwa Anda telah memenangkan sesuatu, itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan; mungkin itu. Lagipula iklan itu menjengkelkan , dan ada beberapa aplikasi yang bisa Anda unduh untuk memblokirnya seperti Adblock Browser untuk Android. Aplikasi ini cenderung lebih efektif jika Anda di-root.

Popup dapat menjadi tanda infeksi yang ada, yang ingin mendapatkan lebih banyak hak istimewa atau informasi dari Anda.

Periksa File Mencurigakan

Jika Anda memiliki manajer file yang diinstal pada ponsel Anda, cari file atau folder yang mencurigakan yang dibuat pada ponsel Anda. Jika Anda menemukan beberapa file dan folder baru yang Anda tahu pasti tidak Anda instal sebagai bagian dari aplikasi atau apa pun, maka ada kemungkinan ponsel Anda telah menginstal perangkat lunak pelacakan atau spyware.

Kadang-kadang, Anda mungkin cukup beruntung untuk menemukan nomor telepon atau email yang akan memberi petunjuk siapa yang melakukan pelacakan, tetapi pastikan sebelum Anda berasumsi dan menuduh.

Telepon Tiba-tiba Menjadi Sangat Lambat

Jika ponsel Anda tiba-tiba menjadi sangat lambat  tanpa alasan yang jelas sama sekali, maka ada risiko bahwa ponsel Anda sedang dipantau dan dikendalikan. Jangan biarkan ponsel Anda tanpa pengawasan di sekitar orang yang tidak Anda percayai, gunakan enkripsi , atau paling tidak, layar kunci .

Siapa yang Melakukan Mata-Mata atau Pelacakan?

Ingat sebelumnya ketika kita mengatakan bahwa dunia tidak selalu merupakan tempat yang menyeramkan? Memang tidak, tetapi ada beberapa orang jelek yang melakukan hal-hal buruk. Apa yang memotivasi mereka untuk meluangkan waktu di hari mereka dan menghabiskan upaya?

Kemungkinan besar mereka:

  • menganggap Anda memiliki sesuatu yang mereka inginkan,
  • merasa bergairah untuk mendapatkan informasi pribadi Anda (mis. pasangan selingkuh),
  • perlu untuk memuaskan kecanduan (tapi peretas / penghilang masih membutuhkan upaya untuk menghasilkan sesuatu yang berharga),
  • menggunakan aplikasi atau metode yang menargetkan segmen populasi yang lebih besar,
  • atau mungkin, mempekerjakan Anda .

Tidak ada cara yang bagus untuk mengidentifikasi orang yang melakukan kegiatan mata-mata, karena informasi dapat dialihkan beberapa kali ke beberapa tempat. Taruhan terbaik Anda adalah untuk mencegah atau menyingkirkan spyware.

Kesimpulan

Tidak ada pengguna yang ingin virus, aplikasi pelacakan, atau spyware terinstal di smartphone Android-nya, tetapi para peretas merasa semakin berguna untuk menyimpannya di sana. Langkah pertama dalam memperbaiki masalah ini adalah memeriksa spyware. Gunakan tips yang disebutkan di atas untuk memeriksa apakah ada spyware dan perangkat lunak pelacakan yang diinstal pada ponsel Anda, dan jika demikian, singkirkan.